Perbedaan mutiara di Lautan dan Daratan

Perbedaan mutiara di lautan dan daratan

Perbedaan mutiara di lautan dan daratan

Mutiara ada dua jenis yaitu mutiara lautan dan daratan.  Mutiara adalah suatu benda keras yang diproduksi di dalam jaringan lunak (khususnya mantel) dari moluska hidup. Mutiara yang dihasilkan di lautan berbeda dengan  yang di daratan. Harganya pun berbeda. Apa yang membedakan ? lautan dan daratan ? Pertama, Waktu dalam proses produksi lebih lama lautan dibanding daratan. Mutiara air laut membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk menghasilkan 1 butir mutiara, sedangkan mutiara air tawar hanya 6 bulan, dalam satu kerang bahkan bisa menghasilkan 6-15 butir mutiara tawar. Kedua, Faktor kualitas mutiara itu sendiri, ada beberapa karakteristik/ciri mutiara air laut yaitu bentuk bulat, oval, borog (bentuk tak beraturan). Ketiga, mutiara air laut sering diperjualbelikan dalam keadaan utuh, maksudnya belum dilubangi,sedangkan mutiara air tawar biasanya kalau beli yang tanpa diikat, biasanya sudah dilubangi (lubang tembus maupun setengah tembus).

Keempat, Kilau (luster). Kilau membedakan harga mutiara. Mutiara  di lautan kilauanya lebih terang dibanding daratan. Kelima, Tebal (nacre) mutiara tersebut. Semakin tebal mutiara maka harganya semakin mahal. Keenam, Besar, semakin besar sebuah mutiara maka semakin berat. Timbangan mempengaruhi harga, semakin berat berpengaruh juga pada waktu proses pembuatan. Semakin berat maka semakin lama pembuatannya.

Mutiara adalah  suatu perhiasan yang biasa digunakan wanita. Pelengkap asesoris pakaian  yang digunakan  kebanyakan wanita.  Mutiara asli harganya mahal dibanding imitasi, berkali-kali lipat mahalnya. Mutiara asli mulai dari 300 ribu hingga 100 juta.  Mutiara dengan bentuk dan ukurannya bisa berbeda. Begitu juga manusia. Apa yang membedakan manusia dengan manusia lainnya ? kualitasnya. Kualitas setiap manusia berbeda. Kepala sama hitam tapi isi berbeda.

Mutiara yang asli berbeda dengan buatan atau imitasi. Asli pun berbeda-beda pula. Berbeda karena lingkungan yang membentuknya. Berbeda juga karena Proses yang membentuknya.  Begitu pula manusia. Tinggal kita memilih mau membentuk diri seperti apa ? pilihan ada dalam diri kita. Lingkungan bisa membentuk manusia. Bila ingin hidup berkualitas maka pilihlah lingkungan yang baik yang mendukung sifat dan tindakan menjadi lebih baik. Bila berada dalam lingkungan yang tidak kondusif untuk membentuk menjadi lebih baik maka disarankan untuk pindah, tidak ada kata terlambat dalam membentuk diri menjadi lebih baik. Begitu pula proses, perbedaan seorang manusia yang berkualitas bisa dilihat dari bagaimana seseorang membentuk dirinya, bagaimana seseorang memproses dirinya menjadi berkualitas.

Bergabung bersama supercampfokus maka akan kamu dapati lingkungan dan proses mendapatkan impian dan pembelajaran  menjadi lebih baik.